Beranda | Artikel
Adab dan Doa Sebelum Tidur - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Kamis, 15 Maret 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Adab dan Do’a Sebelum Tidur adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Kajian ini disampaikan pada 25 Jumadal Akhirah 1439 H / 13 Maret 2018 M.

Ceramah agama tentang Adab dan Do’a Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

اَللهمَّ خلقت نفسى وأنت توفّاها، لك مماتها ومحياها، إن أحييتها فاحفظها، وإن أمتّها فاغفر لها، اللهمَّ إنِّى أسألك العافية

“Ya Allah, Engkaulah yang menciptakan diriku, Engkau pulalah yang mewafatkannya. Di tangan Engkau hidup dan matinya. Jika engkau membiarkannya hidup, maka peliharalah diriku. Dan jika Engkau mewafatkannya, maka ampunilah diriku. Ya Alah, aku meminta kesehatan tubuh pada-Mu.”

Do’a ini berisi penyerahan diri kepada Allah. Memohon kepada Allah agar senantiasa dilindungi dan dijaga baik ketika dalam kondisi terjaga maupun dalam kondisi kita tidur.

Kita tahu bahwasannya saat kita tidur ruh kita terangkat. Allah subhanahu wa ta’ala mengangkat ruh itu pada saat kita tidur. Sehingga kitapun tidak berdaya. Maka dikala kita tidak berdaya dan tidak ada satupun yang bisa kita lakukan dan tidak ada satu kehendakpun yang bisa kita laksanakan, maka saat itulah kita berserah diri kepada Allah. Kita memohon agar Allah menyanyangi diri kita. Terutama ruh kita yang dipegang dan ditahan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Apabila Allah berkehendak untuk mengembalikannya, maka kita minta kepadaNya agar Allah menjaganya. Dan jika Allah tidak berkehendak untuk mengembalikannya, maka kita memohon agar Allah mengampuninya.

Kita juga memohon kesehatan. Banyak orang-orang yang jatuh sakit ketika dia bangun dari tidur. Maka kita mohon kepada Allah subhanahu wa ta’ala apabila kita bangun dari tidur kita, kita diberikan kesehatan.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Adab dan Do’a Sebelum Tidur – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30374-adab-dan-doa-sebelum-tidur-panduan-amal-sehari-semalam-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-m/